Sabtu, 14 Februari 2015

Kamis, 08 Januari 2015

Anak Kos Solehah

HIDUP MAHASISWA! yuhuu setelah lama meninggalkan dunia per goblogan ini dan sekarang gue sudah resmi menjadi istri pengusaha sukses, eh maksud gue udah resmi jadi mahasiswa di sebuah PTN di jawa tengah. UNDIP!! jaya~. dan kisah petualangan seorang wanita cantik ini, yaitu gue! gue akan berusaha gue bagi atau gue share di blog yang udah menjadi saksi kealayan gue selama hidup gue ini. 

gonna be a 'anak kos' itu gak mudah.Di postingan kali ini akan gue bahas permasalahan umum yang menimpa kami, para anak kos yang terlatung-latung di warung makan murah.

1. Masalah Perut.




















saat ada mamah di rumah atau embak dirumah, makan ya tinggal makan,misalnya tinggal gini:
gue       :  "maaa laperrr..mau makan sushi pake spageti trs dikasih toping pizzza america tapi gak pake                          paprika  ijo yaaa maa"
nyokap:*muka malaikat diterang sinar lampu kuning  "iyaa.. anak soleh.."
makanan dateng ->masalah beres->perut kenyang->bahagia dunia akhirat.

sayangnya di dunia luar sana saat gue jauh dari rumah hal tersebut mustahil terjadi. gue gak bakal nemuin ibu kos gue dengan muka malaikat nganterin makanan ke kamar gue dengan sinar lampu kuning. yang ada gue ditagihin uang kos apa engga uang listrik. terus disuruh ngirit kalo make air. 
dan yang terjadi adalah......................................
  
kemungkinan 1 
laperrr-> mager-> kelaperan->TEWAS

kemungkinan 2
gue              : lapeeer nih makan yuk, burjo aja laa
temen gue    : ayook, tapi gue mau nya padang murah
berakhir dengan debat, mempertimbangkan esensi antara burjo dan padang murah, mana yang lebih efisien dan mengenyangkan.  WACANA-> kelaperan ->TEWAS

kemungkinan 3
laper-> *liat dompet-> keluar kupu2-> sisa seribu-> beli promag-> promagnya dipotek-> minum 2 kali sehari.

kemungkinan 4 (paling sering)
makan soto, rendang, ayam kare, iga penyet -> makan pake nasi (dalam bentuk mie instan)

contoh diatas jangan ditiru yaa, cuma iseng aja. dipake kalo lagi kepepet. pengalaman gue masalah perut itu cukup signifikan, kalo lagi laper dan mager ya puasaa, kalo lagi semangat ya ke warteg.
 As a anak kos, gue dituntut aktif dalam mencari makanan, dalam cara apapun yang halal. misalnyaa..

a. numpang ke kos atau rumah temen, keliatannya si main, tapi niatnya nyari makan, siapa tau dapat rezeki anak soleh.
b. memanfaatkan momen ulang taun temen, gue sih nyatet semua tanggal ultah temen gue, jadi suatu saat dia ultah gue bakal ngasih surpise-> bikin dia terharu-> merayu supaya ditraktir-> makan-makan->kenyang buat 2 hari.
c. sebenernya gua gak nyaranin ya tapi sekedar tips aja, kalo ada yang kondangan, langsung pake batik sama bawa amplop, siapapun dia yang lagi menikah, sok kenal ajaa, bilang temen lama terus makan makan deh di hajatannya. *kalo bisa bawa rantang buat dimakan di kos buat 2 hari

2. Masalah Bensin









ini penting buwangeeettt niii, jujur, gua kecewa sama jokowi, KENAPA HARGA BENSIN NAIK PAS GUE JADI ANAK KOS?!! kenapa gak kemaren-kemaren aja sii atau tunggu gue lulus gitu kan bisa. 

tau kan? masyarakat kita itu latah kalo harga bensin naik, semuanya dinaikin. dari harga makanan, minum, sampe gua pengen beli baju buat kuliah aja harganya naik, emang dikira bikin baju pake bensin terus di kasih api ?! kebakarlah bego!! 

untuk mencegahnya kertepurukan sebagai anak kos, ada tipsnya nih :
1. tinggalkan kendaraan, jalan itu lebih sehat, apalagi kalo kampus lu jalannya munggah mudun alias turun naik. bukan kurus lagi yang lu dapet. tapi bakalan busung lapar (jalannya dari jakarta ke semarang, ga makan)

2. cari tebengan yang baik hati dan rajin ke kampus. ini penting nih, tapi usahain jangan nyari tebengan yang bilang gini "lu bayarin bensin gue yaa" begitu dia bilang kaya gitu gua saranin lu langsung turun dari motor, terus bilang kalo jalan itu sehat banget, mencegah penyakit jantung, diet alami..

3. pacaran sama abang angkot, gue sih gak nyarinin yaa, hanya tips bagi kalian chibi-chibian alias cabe-caben yang lagi terkena musibah tanggal tua atau yang emang ngirit banget. tapi jangan salah ya, banyak loh, faedah yang bisa kita dapatkan kalau jadi pacarnya abang angkot.. selalu dijemput kalo mau pergi atau ke kampus, duduknya di depan.
 kalo ditanya ortu ke kampus naik apa, bilang naik mobil sama pacar. gue jamin itu salah satu cara  bahagian ortu 








3. Masalah Belajar

belajar dikuliah ini beda banget sama belajar di sma. mahasiswa dituntut aktif. dosen gak butuh kita, tapi kita yang butuh dia, so.. siap-siap aja di php-in dosen. mahasiswa gak terfokus pada satu sumber pembelajaran. tapi mahasiswa harus open mind. belajar dari mana aja.

sebenernya anak kos itu punya tanggungan beban yang berat. jauh-jauh merantau kalau hasilnya jelek kan malu-maluin. bisa-bisa entar gue pulang udah di jodohin sama satpam  komplek kalo IP nya jelek. gue harus belajar supaya gue sukses. gue gak akan ngebiarin pengorbanan ini sia-sia *ngomong sambil ngaca. banyak banget godaan yang gue alami kalo mau belajar, mislanya

a. diajakin main, nah yang ngajak ini pinter bgt, gatau emang pinter banget apa guenya yang bego. dia bilang gini " nanti belajarnya kan bisa sambil main, bawa kertas makanya" ujung-ujungnya gak belajar-> kertasnya buat nge lap indomi tumpah.
b. nonton film. ngaku deh! disini siapa sih yang gak tergoda dengan free wifi, bawaanya pengan donlot drama korea sambil nangis di kosan. kadang gue lebih miih donlot  film 700 MB dari pada donlot ppt materi kuliah 2 MB
c. tidur. sebagai anak kos dan mahasiswa tentunya tidur adalah kesempatan yang sangat mulia dan bersifat limit. begitu ada waktu luang dan nemu kasur yang mempesona, bawaannya pengen ditidurin mulu. gue gatau ini yang ngalamin gue doang atau semuanya. ketika gue pengen bangun tidur, kasur gue itu berasa ada lemnya. jadi gue susah bangun. nempel mulu dikasur.













IYA BANG DISINI ADEK BELAJAR :")


4. home sick 
 nah ini nih penyakitnya anak kos, apalagi yang masih unyu-unyu kaya gue. yang baru ngerasaain jauh dari kehangatan rumah dan pelukan mamah. nah nanti princes lanjutin lagi nih maslah home sick dan permasalahan lainn nya. apa? masalah hati? sudah lah..nanti akan di share juga kelebihannya anak kos dari pada anak-anak lain *tsahh, *ngibas rambut
good night




»»  READMORE...

Sabtu, 29 Desember 2012

5 Cara Menghadapi Malam Minggu

*nyanyi. 
I’ve had the time of my life..
And I’ve never felt this way before.. 
And I swear this is true And I owe it all to you..
*oke. gue gak apal lagi.

Hai para blogger! yang lagi mampir atau mungkin ada yang lagi stalking gue.mungkin.
ini pertama kalinya gua posting di blog lagi setelah sekian lama hilang di telan bumi, terbenanam bersama mentari dan kini gue muncul kembali dengan sang mentari yang akan menyinari dunia ini! ALLAHHUAKBAR! gue tau gue emang agak lebay banget.

 The cause of gue gak nge blog lagi itu karena... karena.. gua gak mampu bayar internet. buat makan susah, untung sekolah gratis temaan. ok. that is not my fuckin' reason. gue gak nge blog lagi karena waktu itu lagi ada something. yaa semacam cobaan, tenang.. gue gak bakal curhat masalah itu di sini kok. gue juga tau kalo lo bakal nge skip bacaan gue yg berisi curhatan2 gue. so. it's just personal problem.

disini gue bakal ngasih tips buat kalian yang jomblo. sekali lagi, bagi kalian yang JOMBLO. termasuk gue :(  gimana caranya buat bertahan di sebuah malam, dimana masyarakat menamakannya sebagai malam minggu, gue sebenernya lebih menyarankan buat kalian.khususnya yang jomblo buat nge ganti kata 'malam minggu'menjadi 'minggu malam'. 
jadi. tipsnya sebagai berikut :

pertama.. jangan terlalu sering update jejaring sosial, fb atau twitter pas malem minggu. kenapa? semakin banyak lo update di jejaring sosial semakin besar kemungkinan kalo lo keliatan ngenes. *sekali lagi. keliatan NGENES.apalagi kalo lo sampe curhat-curhat di twitter kalo lu lagi kesepiaaaan bgt, galaaaau bgt. tingkat KE-NGENESAN lo bakalan jauh  di atas batas normal. 


kedua.. walaupun JOMBLO secara bahasa merupakan seseorang yang tidak memiliki pasangan. tapi kita masih bisa melewati dan berpartisipasi dalam acara malam minggu minggu malam. but, How? ajak temen-temen lo buat jalan. dari pada ngedekem dirumah?.kadar  kegalauan dirumah itu jauh lebih besar dari pada di luar rumah. jadi, lebih baik ajak temen-temen lo(yang jomblo juga) buat hangout.

 tapi.jangan ke bioskop. ini penting. oke gue ceritain pengalam gue yang waktu itu.. jadi, karena gue dan temen gue lagi bete, gue diajak temen gue buat nonton ke bioskop. kita nonton habibie dan ainun. ternyata kita dapet tiketnya malem.. dan kalian tau? gue duduk nomor 2 dari belakang. yap! tempat dimana manusia-manusia sedang berpacaran.sementara gue? gue sama temen gue (cuma berdua dan dia cewe. dan kita gak lesbi! gue normal!)cuma bisa makan pop corn sambil kali2 meratap nasib gue. kenapa?! kenapa depan gue couple?!, belakang gue couple. samping gue couple. mereka semua pelukan. gue? gue pelukan sama siapa? mas mas bioskop?!

ketiga.. kalo keadaan kalian boke. seboke bokenya boke. tapi kalian bete nonton tipi, yang acaranya lope lopean lagi. atau sinetron yg anaknya dituker-tuker mulu. dan temen2 kalian pada punya acara. sementara kalian cuma dirumah. cara terbaik adalaaah..sewa dvd! yeaah!  selain murah juga lebih efisien. atau kalo kalian gak mau rugi. sekarang kan ada bioskop trans tv! mungkin itu diciptain buat para jomblo yang gak bisa ke bioskop.yeah! the real box office!. 

keempat.. kalo kalian males nonton. atau cuma mau ngobrol, tapi gak ada yang bisa diajakin ngobrol. tenang.. sekarang para ilmuwan telah menciptakan program buat para jomblo.. yap. simsimi. gue tau.. simy emang cuma anak ayam.. tapi coba liat sisi positivenya cuma dia yang ngerti kita di semua keadaan. contoh keuntungan dari adanya simi ini udah terbukti. temen gue. namanya giana, jomblo juga. sangat amat terbantu dengan program ini..thak you so much simy huny bunny sweaty baby :* 
















kelima.. setelah cara-cara yang diatas gak berhasil. cara terakhir buat ngelewatin minggu malam yang sangat ampuh adalaaaah... tidur. yap. dengan tidur everything's gonna be ok. nih, minum antimo atau apapun yang bikin kalian ngantuk.. dan dengan begitu, kalian akan melewati minggu malam dengan tenang. gak akan galau di tengah malam, di pagi hari kalian bakal bahagia.. nonton kartun, sarapan, tidur lagi.pokoknya gitu deeh

nah sekian tips dari gue..pokoknya gak selamanya jomblo itu gak asik. gak selamanya jomblo itu kesepian. tapi, kalian juga harus cari seseorang yang terbaik yang bakal ngisi malamminggu kalian. termasuk gue. 






»»  READMORE...

Sabtu, 21 April 2012

biologi

Nematelminthes (cacing gilig)
Ciri-ciri :
·         Tubuh silindris (bulat memanjang), simetri bilateral, tripoblastik pseudoselomata (rongga tubuh semu)
·         Tubuh tidak bersegmen dan dilapisi kutikula
·         Hidup bebas di air, tanah atau sebagai parasit pada manusia, hewan dan tumbuhan
·         Sistem pencernaan sudah lengkap  (mulut-usus-anus)
·         Tidak memiliki sistem pembuluh darah dan tidak memiliki sistem pernapasan
·         Reproduksi secara seksual, Organ reproduksi jantan dan betina terpisah (gonokoris)/dioseus , dimana :
1)      Cacing jantannya : kecil dan ekornya melilit
2)      Cacing betinanya : besar
·         Sistem saraf berupa cincin syaraf yang mengelilingi esofagus yg dihubungkan dgn 6 serabut saraf dari anterior ke posterior

Contoh anggota nematelminthes :
1.      Ascaris lumbricoides (cacing perut)
§  Parasit di dalam usus halus manusia
§  Cacing ini masuk ke tubuh manusia  melalui makanan
§  Mengakibatkan penyakit ascariasis atau cacingan
§  Tubuh cacing dilapisi kutikula untuk melindungi tubuh dari proses pencernaan manusia
§  Hanya berkembang biak secara seksual
§  Infeksi cacing berlangsung secara pasif

1.Cacing dewasa hidup di dalam usus halus dan bertelur
 2. Telur dikeluarkan manusia melalui feses. Tanaman yang ditempeli telur cacing mungkin termakan manusia dan masuk masuk ke mukosa usus halus.
 3-6. Telur cacing mengalami perkembangan (18 hari) dan dibawa oleh peredaran darah menuju paru-paru. Cacing menetas dan berkembang menjadi cacing dewasa di dalam paru-paru (10-14 hari)
 7. Cacing dewasa menembus dinding alveoli dan menuju bronkus, selanjutnya menuju kerongkongan. Dari kerongkomgan, cacing dewasa menuju usus halus. Cacing dapat hidup di dalam usus halus 2-3 tahun.


2.       Ancylostoma duodenale (cacing tambang)
§  Parasit pada usus halus manusia
§  Cacing ini masuk ke tubuh manusia melalui telapak kulit kaki
§  Mulutnya Memiliki kait untuk mencengkeramkan diri di usus dan menghisap darah penderita
§  Penderita dapat mengalami anemia
Daur hidup :
Telur  keluar bersama feses -> jatuh di tanah -> menetas menjadi larva -> menembus telapak kaki manusia ->masuk ke  aliran darah hingga ke tenggorakan -> masuk ke kerongkongan ->menempel dgn Kait-kaitnya pada dinding usus halus -> tumbuh menjadi cacing dewasa

3.       Oxyuris vermicularis (cacing kremi)
§  Hidup di usus besar manusia
§  Daur hidup melalui autoinfeksi yaitu infeksi yang dilakukan diri sendiri
§  Sering menyebabkan rasa gatal di daerah anus
Daur hidup :

1.Cacing betina bertelur di dekat anus sehingga menimbulkan rasa gatal, jika digaruk dgn kuku, telur melekat dikuku
2.  makanan yg di pegang oleh tangan yg mengandung teur cacing menyebabkan telur  tertelan lagi.
3.cacing terbawa kembali ke saluran pencernaan sampai usus besar dan tumbuh dewasa.






4.       Wuchereria bancrofti (cacing rambut/cacing filaria)
§  Hidup parasit dalam pembuluh getah bening (kelenjar limfa)
§  Dapat menyebabkan penyakit kaki gajah (filariasis/elephantiasis), vektornya adalah nyamuk culex
Siklus hidup :
Ø  Cacing dewasa hidup di saluran dan kelenjar limfa (getah bening) menghasilkan telur yang menetas menjadi anak cacing (larva) yg di sebut microfilaria.
Ø  Mikrofilaria beredar di dalam darah. Nyamuk culex yg menggigit penderita akan mengandung microfilaria, yg dapat menularkannya ke orang lain
Ø  Di tubuh orang yang tertular, microfilaria mencari saluran limfa untuk hidup sebagai filaria
Ø  Cacing yg mati dan menyumbat pembuluh  getah bening mengakibatkan cairan tubuh terakumulasi dan menimbulkan pembengkakan

5.       Trichinella spiralis (cacing otot)
§  Menyebabkan penyakit trichinosis pada manusia babi/tikus  (menyebabkan kerusakan otot)
§  Trichinella spiralis dewasa hidup di usus halus
§  manusia dapat terinfeksi karena memakan daging babi yang mengandung
larva Trichinella (sista) 
§  Larva cacing ini dapat menginfeksi otot sehingga terjadi nyeri otot dan radang otot.
Daur hidup :
Ø  Parasit masuk ke tubuh manusia melalui daging babi yang dimasak kurang matang.
Ø  di usus larva akan berkembang jadi cacing muda, setelah dewasa cacing betina menghasilkan larva yang bergerak menuju aliran darah dan menetap di otot

 Annelida (cacing gelang)

ciri-ciri :
·         tubuhnya berbentuk gilik memanjang, tersusun atas ruas-ruas atau segmen. Dan setiap segmen punya alat reproduksi, alat ekskresi, otot dan pembuluh darah
·         antara ruas yg satu berhubungan dgn ruas yg lain sehingga terihat bentuk seperti cincin yg dianamakan metameri
·         tripoblastik selomata
·         simetri bilateral
·         hidup di air laut, air tawar dan daratan. Ada pula yg hidup parasit
·         reproduksi secara seksual dan aseksual, termasuk hewan hermafrodit
·         sistem peredaran darah tertutup
·         sistem pernapasan dilakukan secara difusi dgn seluruh tubuhnya
·         sistem saraf berupa ganglion otak
·         sistem pencernaan sudah sempurna (mulut-usus-anus)

pada setiap ruas terdapat rambut atau duri (seta) yg digunakan untuk pergerakan. Berdasarkan seta ini, annelida dibedakan menjadi tiga kelas, yaitu :

1.       kelas Polychaeta (cacing berambut banyak)
·         memiliki banyak rambut
·         umumnya hidup di laut. Ada yg di pasir pantai
·         tiap segmen dilengkapi parapodia (kaki daging) dan seta
·         berkembang biak secara seksual
·         larva dapat bergerak bebas, dikenal dgn trokopor
·         tubuhnya dilapisi kutikula sehingga licin dan kaku
contoh :nereis virens (kelabang laut), Eunice Viridis (cacing wawo, dapat di makan), lysidies oele (cacing palolo, dapat dimakan) kaya akan sumber protein

2.       Kelas Oligochaeta (cacing berambut sedikit)
·         Segmen tampak jelas dan Mempunyai sedikit rambut
·         Umumnya hidup di darat. Ada yg hidup di air tawar
·         Tidak mempunyai parapodia
·         Mempunyai klitelium yg berfungsi dalam hal perkebangbiakan sekual
·         Daya regenerasi yg tinggi
·         Fertilisasi pada cacing ini terjadi secara hermafrodit
·         Bersifat saprofit dgn memakan zat organic dari organism yg telah mati
Contoh :  lumbricus terrestris (cacing tanah di eropa dan amerika) pheretima posturna ( cacing tanah di asia) pheretima musica ( cacing sondari)

3.       Kelas hirudinae (lintah)
·         Tidak mempunyai rambut, paraposia dan seta
·         Cacing ini hidup parasit
·         Bersifat hermafrodit, tubuh pipih berus-ruas
·         Terdapat alat penghisap (sucker) pada mulut dan anus
·         Pada saat merobek bagian tubuh inang, lintah mengluarkan zat anestetik (penghilang rasa sakit)
·         Selama menghisap darah, lintah menghasilkan hirudin yaitu zat anti pembeku darah (antikoagulan)
Contoh : Hirudo medicinalis (lintah) dan haemadipsa zeylarica (pacet)

Peranan Annelida :
·         Cacing tanah dapat menggemburkan tanah,membantu pembentukan humus. Digunakan sbg umpan ikan
·         Cacing sutra untuk makanan hias
·         Cacing wawo dan cacing palolo dapat dimakan, biasanya di konsumsi masyarakat tepi panatai di kepulauan Maluku. Cacing ni punya kandungan gizi dan protein yg tinggi
·         Mencegah koagulasibatau pembekuan darah, contoh: pacet dan lintah

Mollusca (hewan lunak)

Ciri-ciri :
·         Habitatnya di air dan darat
·         Memiliki tubuh yang lunak dan umumnya memiliki cangkang
·         Antara tubuh dan cangkang terdapat mantel yg  menghasilkan bahan cangkang berupa kalsium karbonat
·         Tidak bersegmen
·         Triploblastik selomata
·         Simetri bilateral
·         Tidak bersegmen
·         Alat gerak berupa kaki berupa struktur berotot  untuk merayap atau menangkap mangsa
·         Ekskresi melalui nefridium
·         Reproduksi seksual dengan fertilisasi internal, beberapa bersifat hermafrodit

Berdasarkan simetri tubuh, bentuk kaki, cangkang, dan mantelnya, mollusca dibedakan menjadi 5 kelas

1.      Kelas Amphineura/ polyplacophora
·         Bentuk tubuh bulat telur, pipih dan simetri bilateral
·         Cangkang dengan 8 kepingan kapur
·         Hidup melekat di dasar perairan laut
·         Kaki pipih dan memiliki idah parut (radula)
·         Mulut  terletak di bagian kepala (anterior) sedangkan anus di posterior
·         Jeniskelamin terpisah
Contoh : chiton sp.

2.      Kelas Gastropoda
·         Bersifat herbivore
·         Alat gerak berupa kaki perut (otot perut)
·         Pada saat bergerak otot perut bagian dpn mengeluarkan lendir untuk mempermudah geraknya
·         Mempunyai cangkang berbentuk kerucut terpilin (spiral)
·         Tubuh terdiri atas kepala, leher, kaki, dan alat-alat dalam (viseral)
·         Pada kepala terdapat sepasang tentakel pendek (sebagai alat pembau) dan sepasang tentakel panjang (sebagai alat pengelihatan, pembeda gelap dan terang)
·         Pada mulut terdapat radula (lidah parut)
·         Siput berkembang biak dengan seksual dan bersifat hemafrodit dengan ovotestis terdapat dalam individu
Contoh : Achatina fulica (bekicot), vivara savanica (kreco dan lymnea sp (siput air)

3.      Kelas Scaphopoda
·         Memiliki cangkang berebentuk kerucut atau tanduk yg kedua ujungnya terbuka
·         Hidup di laut dan terpendam di dalam pasir/lumpur
·         Sirkulasi air untuk pernapasan digerakkan oleh gerakan kaki dan silia
·         Tubuh hewan ini diselubungi mantel . pertukaran gas terjadi di mantel
Contoh : dentalium vulgare




4.      Kelas Cephalopoda
·         Bagian kepalanya sebagai kaki atau alat gerak. Alat gerak itu adalah tentakel yag terdapat pada kepala
·         Sebagian besar tidak mempunyai cangkang kecuali Nautilus
·         Mulut dikelilingi oleh tentakel
·         Semua cephalopoda, kecualibnautilus memiliki kantung tinta
·         Sistem pembuluh darah tertutup
·         Bernapas menggunakan insang yang terletak di rongga mantel.
·         Dapat berubah warna karena adanya kromatorafa
Contoh : loligo pealii (cumi-cumi), sepia offcinalis (sotong) dan nautilus pompilius

 5.      Kelas pelecypoda/lamellibranchiate/bivalvia
·         Kaki pipih, insang berbentuk lempeng dan mempunyai dua buah katup
·         Cangkang tersusun atas 3 lapisan, mulai dari luar ke dalam :
a)      Periostrakum; tersusun oleh zat tanduk yg dihasilkan oleh tepi mantelbe rfungsi melindungi cangkang dari asam karbonat dalam air dan memberi warna cangkang
b)      Prismatik; terdiri dari Kristal-kristal kalsium karbonat berbentuk prisma
c)      Nakreas; terbentuk dari kalsium karbonat yang merupakan lapisan mutiara

  
Pada tiram mutiara (Meleagrina margaritivera), jika ada benda asing di luar tubuh yang tidak sengaja masuk ke dalam cangkang,maka akan disimpan dalam suatu kantong kecil dalam mantel. Di dalam mantel disekresikan banyak nakreas oleh lapisan epitelium kantong tersebut. Sedikit demi sedikit lapisan makreas melapisi benda asinng tersebut hingga menjadi mutiara.
Contoh pelycypoda : Anodonta(kerang air tawar) yang dapat dikonsumsi karena berprotein tinggi, chima bercangkang keras, dan pinctada mertensi(tiram mutiara)

Peranan Mollusca :
·         Sebagai sumber protein, contoh : cumi-cumi, siput, tiram, kerang, sotong
·         Penghasil mutiara pada kerang mutiara
·         Cangkang sebgai bahan hiasan
·         Beberapa jenis siput merugikan karena bersifat hama dan merupakan hospes perantara cacing hati





»»  READMORE...